Blogroll

Saudaraku, Do’akanlah orangtuamu, Berbuat baiklah pada mereka, Sebelum kamu menyesalinya!

Sebuah lubang kecil di lambung kapal besar

Kisah ini terjadi di awal masehi ketika kapal besar masih terbuat dari kayu dan menggunakan ratusan tenaga budak untuk menggerakkannya.
Budak yang sedang bertugas mengayuh dayung duduk di samping bawah kapal dan budak yang sedang giliran istirahat biasanya di tempatkan di lambung kapal bagian bawah.
Sedangkan di kabin atas, dan deck kapal adalah tempat para pejabat, perwira dan tentara.
Karena sanitasi buruk, suatu saat terjadi wabah penyakit di bagian lambung kapal tempat para budak beristirahat. Mereka sangat menderita, lapar dan kehausan.
Bukannya menolong mereka yang menderita, para perwira dan tentara tidak ada yang mau turun ke bawah karena takut tertular, dan mereka yang sakit di lambung kapal tidak boleh naik ke atas karena bisa menularkan.
Para petinggi kapal berpikir, beberapa hari lagi mereka akan sampai tujuan, jadi biarkan saja dahulu yang sakit menunggu.
Setelah beberapa hari kehausan dan kelaparan akhirnya para budak yang terjebak di lambung kapal tidak tahan lagi.
Mereka masing-masing akhirnya nekat membuat lubang dilambung kapal untuk mendapat air.
Awalnya hanya bocor-bocor kecil saja, tetapi lama kelamaan menjadi besar dan akhirnya kapal bocor parah.
Menyadari kapal terancam, akhirnya semua perwira, pejabat bahu membahu mengatasi kebocoran kapal.
Mereka tidak lagi peduli penyakit, mereka tidak lagi peduli strata, status jabatan, mereka juga tidak sempat saling menyalahkan, karena prioritas mereka sekarang sama.
Yaitu bekerja sama agar kapal jangan sampai tenggelam.

Apa hikmah kisah ini?
Kapal ini ibaratnya adalah perjalanan kita sebagai satu bangsa, komunitas, tim kerja atau keluarga.

Kita sebagai satu bangsa sebenarnya sedang berada dalam satu kapal yang sama. Kadang para pejabat dan pemimpin, karena merasa begitu penting dan kuat, lupa suara dan keluhan rakyat di bawahnya.
Ketika rakyat sengsara mereka tidak begitu peduli.
Jika kesengsaraan begitu parah dan merata, lama kelamaan bisa membuat rakyat marah, dan jika seluruh rakyat marah kapal ini bisa tenggelam bersama.

Dalam perusahaan, direktur, manager dan buruh juga dalam kapal yang sama. Ketika hak-hak buruh kecil diabaikan, sehingga membuat mereka demo dan merusak fasilitas perusahaan, maka yang karam adalah semuanya.

Dalam keluarga kita juga satu kapal, jika ada hak anak yang diabaikan, ketika perhatian dan pendidikan diacuhkan, ketika anak-anak melakukan pelanggaran dan hal memalukan, maka seluruh anggota keluarga ikut menanggung malu, menanggung biaya dan menanggung resiko.

Kita sendiri juga adalah sebuah kapal. Kadang kita bekerja lupa istirahat, ketika jatuh sakit maka seluruh aktivitas kita hancur.
Kadang kita terlalu santai tidak bekerja dan tiak berjuang, pada akhirnya masa depan kita bisa hancur.

Berlakukalh adil, proporsional pada semua pihak sehingga tidak perlu ada kebocoran, sehingga kita bisa selamat sampai tujuan.

From : Bisa! by Isa Alamsyah

Related Post

Previous
Next Post »