Blogroll

Saudaraku, Do’akanlah orangtuamu, Berbuat baiklah pada mereka, Sebelum kamu menyesalinya!

BERHARAP ADA PERUBAHAN TANPA MELAKUKAN PERUBAHAN

Seringkali kita berharap ada perubahan dramatis dalam hidup kita, ada peningkatan yang melesat dalam kehidupan, tetapi lucunya kita tidak melakukan perubahan apa-apa untuk mencapainya.

Salah satu laga piala dunia bisa menujukkannya.
Pada pertandingan Piala Dunia Sepakbola tgl 19 Juni 2010 antara Belanda melawan Jepang, Ibrahim Affelay dari Belanda dalam 20 menit mendapat peluang 2 kali di sektor sayap kiri Belanda atau sektor kanan dari pertahanan Jepang. Dua kali ia mendapat kesempatan seperti itu dan tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Jepang.

Pada percobaan tendangan pertama ia gagal mencetak gol karena tendangannya sangat biasa yaitu menyusur tanah. Pada kesempatan kedua ia mendapat peluang yang sama persis.
Sudah tahu cara yang pertama yaitu cara yang biasa-biasa saja gagal mencetak gol Ibrahim masih melakukan cara itu tapi mengharapkan hasil yang berbeda yaitu tercipta gol, ternyata seperti sudah ditebak ia gagal mencetak gol. Seharusnya ia melakukan cara yang berbeda yaitu cara yang tidak biasa misalnya mecongkel bola atau memberikan umpan kepada temannya yang berdiri lebih bebas.
Ibrahim Affelay mengharapkan hasil yang berbeda dari sebuah cara dalam pekerjaan yang sama. Suatu hal yang jarang terjadi atau kemungkinannya sangat kecil.

Dalam kehidupan atau dalam bisnis hal ini juga berlaku. Misalnya Kita saat ini menjadi pegawai yang biasa-biasa saja. Berangkat jam 7 pagi sampai rumah lagi jam 8 malam setelah itu menonton sinetron atau gossip lalu tidur. Dalam bekerjapun kita tidak melakukan yang terbaik, biasa-biasa saja.

Anehnya kita mengharapkan terjadi sesuatu yang berbeda untuk cara kita yang sama dan biasa-biasa saja. Kita mengharapkan penghasilan kita naik menjadi 10 kali lipat atau 100 kali lipat dengan cara yang sama dan biasa-biasa saja. Apakah bisa? Walaupun ada kemungkinannya tetapi sangat jarang terjadi. Kalaupun ada itu keberuntungan semata.

Sebelum tahun 1987 masyarakat depok bekerja begitu begitu saja dan biasa-biasa saja. Ada yang dengan cara biasa tetapi penghasilannya menjadi 10 kali lipat bahkan ada yang 100 kali lipat karena pada tahun 1987 kampus UI pindah ke depok dan harga tanah meningkat berkali-kali lipat.

Ini adalah keberuntungan dan hal yang jarang terjadi. Tapi kalau dengan cara itu kita mengharapkan penghasilan kita meningkat 10 atau 100 kali lipat itu sama saja dengan berjudi. Terbukti ada yang mau menjual tanahnya seharga 1 milyar dengan menolak skema ganti rugi dari pemerintah akhirnya tidak mendapat sepeserpun. Mau untung malah jadi buntung. Kalau kita mengharapkan dengan cara yang sama dan biasa saja tapi mengharapkan hasil yang berbeda maka hal ini sangat jarang terjadi.

Ayo! Mulai sekarang kita tekadkan pada diri kita untuk tidak melakukan cara yang sama dan biasa-biasa saja. Kita harus mulai berfikir di luar kotak. Misalnya sebagian gaji kita, kita sisihkan untuk investasi, misalnya di penerbitan buku seperti buku-buku terbitan asma nadia publishing house, atau kita membuka laundry kiloan di garasi rumah, atau jualan yang pasti dibutuhkan semua orang misalnya makanan atau pulsa, tapi makanan masih ada resiko basi, kalau pulsa tidak.

Atau kita mulai berusaha menjadi penulis karena seseorang dengan profesi apapun apabila menjadi penulis maka ia lebih berpengaruh, lebih bisa meningkatkan penghasilan 10 sampai 100 kali lipat, contohnya ada seorang petugas cleaning service yang penghasilannya meningkat 100-1000 kali lipat karena menulis.

Kalau kita sisihkan uang gaji kita Rp 400.000 untuk mengikuti workshop menulis itu menjadi sangat murah kalau hasilnya kita bisa mendapat penghasilan 100 – 1000 kali lipat dari sekarang. Jadi mahal atau murah adalah soal itu uang terbuang percuma atau investasi.

Ayo! Mulai sekarang kita mulai berfikir di luar kotak dan tidak biasa. Jangan mengharapkan hasil yang berbeda dari cara-cara yang sama dan biasa-biasa saja.

From : Bisa!

Related Post

Previous
Next Post »