Blogroll

Saudaraku, Do’akanlah orangtuamu, Berbuat baiklah pada mereka, Sebelum kamu menyesalinya!

TIPS BAGI PEMULA DALAM MENYAMPAIKAN MATERI

1. Taklukkan 100% rasa grogi dengan : 25% persiapan materi, 50% latihan langsung di depan audience atau cermin, 10% persiapan mental, 15% melalui pernafasan yang dalam. Bernafas yang dalam, gunakan konsep 615: 6 hitungan ditarik...1 ditahan.... 5 hitungan hembuskan perlahan

2. Periksa mike dan sound system apakah dalam kondisi yang baik. Apabila mike suaranya putus-putus, maka sebaiknya mike diganti atau tidak perlu digunakan.

3. Sebaiknya masuk dari sisi kiri, agar audien melihat Anda pertama kali dengan otak kanan

4. Optimalkan sikap tubuh : tampak percaya diri, antusias, dan tersenyum.

5. Buka dengan sugesti positif, seperti "Luar biasa, alhamdulillah hari ini saya sangat berbahagia bertemu dengan Anda...dst, jangan pernah katakan, "maaf, karena tadi malam saya menyiapkan slide sampai malam, jadi sekarang agak flu dan sakit...dst"...nanti bisa2 peserta juga jadi ikut saki tuh :)

6. Ice breaking : Buka dengan ilustarasi yang menyenangkan : lelucon, atau simulasi, atau visualisasi potongan film dan iklan.

7. Jalin hubungan : Kontak mata, nyatakan perhatian Anda. Ketika Anda menjaling hubungan dengan beberapa orang maka semua bisa merasa akrab dengan Anda. Jangan pura-pura melihat...apalagi melihat jauh ke belakang membuang kegugupan. Dan jangan pernah menganggap saudara kita sebagai patung.

8. Telapak tangan terbuka ke depan : Tidak menunjuk, sesekali mengepal tidak masalah; sebagai unjuk energi semangat Anda.

10. Berbisik, rendahkan suara Anda pada kata-kata kunci.

11. JEDA, segera mengumpulkan energi perhatian

12. Sampaikan cerita hikmah yang menggugah (nyata)

13. Lakukan simulasi masal, melibatkan seluruh peserta

14. Permainkan intonasi kata : Tinggi…rendah…tinggi…sedang…dsb. Intinya, buatlah gelombang intonasi yang menarik dan menggugah.

15. Bergeraklah, tidak hanya terpaku diam di depan. Bergerak : ke samping kiri, kanan. Bergeraklah ke belakang. Bergeraklah memutar. Jaga stamina Anda.

16. Kalau Anda memiliki suara yang tidak jelek (walaupun tidak begitu bagus –pen), berikan nyanyian yang modif mencerahkan buat mereka.

17. Sampaikan beberapa rujukan pendukung seperti : Ayat, Hadist, atau ungkapan-ungkapan bijak yang bersesuaian dengan materi.

18. Raihlah beberapa nama peserta, sebelum, di saat, dan setelah acara berlangsung.

19. Beri kesempatan beberapa saudara kita berbicara

20. Beri kesimpulan yang terindah dan dikenang. Bisa dengan : Kontemplasi, atau dengan cerita, baik cerita lucu atau pun cerita menggugah

21. Tutup dengan sugesti positif, seperti pernyataan, "alhamdulillah, saya berbahagia telah bertemu Anda hari ini..yakinlah sepenuh hati bahwa...dst..."


Allah berfirman, ”Kalian adalah sebaik baik ummat yang
dilahirkan
untuk manusia, karena kalian menyuruh berbuat yang makruf, mencegah dari
yang mungkar dan beriman kepada Allah.!”

Related Post

Previous
Next Post »