Blogroll

Saudaraku, Do’akanlah orangtuamu, Berbuat baiklah pada mereka, Sebelum kamu menyesalinya!

SENYUMMU SENYUMKU JUGA

Sekarang, saya sedang tersenyum kepada Anda. Mengapa? Karena senyum adalah salah satu syarat untuk sukses. Monalisa juga "sukses" karena senyumnya toh?

Menurut definisi ilmiah, senyum adalah,

"Ekspresi wajah yang dibentuk oleh tarikan otot terutama pada otot-otot di kedua ujung mulut".

Artinya, senyum tidak selalu identik dengan mulut. Senyum adalah ekspresi wajah secara keseluruhan. Itu sebabnya, tatapan mata juga bisa mengindikasikan sebuah senyuman, dan bahkan dari cara menegakkan wajah, juga bisa muncul makna-makna senyuman. Sebuah senyuman melibatkan tak kurang dari 5 otot utama di sekitar mulut dan 48 otot lain di sekitar wajah dan leher.

Secara umum, senyum mengekspresikan perasaan senang, bahagia, dan nikmat. Ini namanya senyum kiyut. Akan tetapi, senyum juga bisa mengindikasikan perasaan khawatir. Ini disebut senyum kecut.

Sebuah senyuman tidak hanya menentukan ekspresi wajah, melainkan juga membuat otak memprodusir hormon endorphin. Hormon ini menurut ilmu medis, memiliki khasiat yang bisa mengurangi rasa sakit secara fisik dan secara psikis. Itu sebabnya ada ungkapan "senyum itu sehat". Begitu pula, otot yang berkontraksi saat kita tersenyum, jauh lebih sedikit dari pada otot yang berkontraksi saat kita marah. Maka lahirlah pepatah, "jangan marah nanti cepat tua".

Dalam kenyataannya, ada lebih dari 18 jenis senyuman yang bisa dilakukan dalam berbagai situasi sosial. Para ilmuwan menyederhanakan senyuman ke dalam dua kategori besar berikut ini.

DUCHENNE SMILE

Senyuman ini sering disebut dengan senyuman murni. Senyum ini berpusat pada otot di kedua ujung mulut dan mata. Para ahli mempercayai bahwa jenis senyuman ini adalah senyuman yang dihasilkan oleh emosi yang murni. Alias, senyum ini adalah senyuman apa adanya, bukan ada apanya. Senyuman ini adalah senyuman hasil kombinasi dari ekspresi mulut, mata, dan hati sekaligus. Yang tersenyum begini, biasanya bayi.

PAN AMERICAN SMILE

Senyuman ini adalah senyuman sukarela tapi hanya melibatkan otot-otot mulut saja. Senyuman ini adalah senyuman disengaja yang bertujuan untuk menunjukkan sikap sopan. Bagus juga, tapi kurang tulus sifatnya. Itu sebabnya, senyuman ini disebut juga dengan senyuman profesional.

Pergilah ke berbagai kantor yang punya konter pelayanan. Masih cukup banyak yang tersenyum dengan cara begini. Ini bukan generalisasi bahwa mereka jarang tersenyum dengan tulus, tapi kita maklum rutinitas pekerjaan memang cenderung membuat hati tergerus-gerus. Apa lagi, jika sudah jam dua siang ke atas. Jika Anda merasa, tak perlu marah. Tersenyum sajalah.

Saya, lebih sering memilih senyuman nomor 1. Sekalipun tampak luarnya agak kurang sedap buat mata - saya merasa nggak good looking. Tapi toh tetap saya berusaha keras melakukannya. Sebab, saya percaya bahwa senyum nomor 1 lebih apa adanya ketimbang senyum nomor 2 yang cenderung ada apanya.

Bukan berarti bahwa saya tidak pernah mengeluarkan stok senyuman nomor 2, tapi saya meyakini bahwa dengan senyuman nomor 1, efek kesehatannya bukan saja terjadi pada orang lain tetapi juga pada diri sendiri. Rugi kalo hanya menggunakan senyum nomor 2. Attraction effect-nya hanya sedikit saja.

FAKTA-FAKTA TENTANG SENYUMAN

Senyum adalah sebuah ekspresi universal yang dikenali oleh seluruh budaya di muka bumi dengan persepsi yang sama.

Otot yang berkontraksi karena sebuah senyuman, jumlahnya lebih sedikit daripada otot yang digunakan untuk marah.

Senyum yang dipaksakan alias senyum palsu, tetap bisa melahirkan rasa bahagia. Misalnya Anda sedang dalam mood buruk tapi tak ingin melukai orang lain. Ini, masih lebih baik ketimbang marah, sedih, atau kecewa.

Setiap orang pada saat lahirnya, pada dasarnya mampu tersenyum. Setiap manusia memiliki kemampuan untuk tersenyum. Kemampuan itu tidak muncul karena menirunya dari orang lain. Bayi buta yang baru lahir juga bisa tersenyum. Bayi, juga lebih memilih untuk tersenyum daripada tidak tersenyum. Senyum adalah bawaan lahir setiap orang.

Perempuan lebih banyak tersenyum daripada pria (he...he... seneng tuh!). Orang muda lebih banyak tersenyum ketimbang orang tua.

Seseorang cenderung dinilai menyenangkan, menarik, tulus, gampang akrab, dan bahkan dianggap lebih kompeten jika sering tersenyum.

Jika Anda merasa kurang percaya diri, sering-seringlah tersenyum. Itu akan menaikkan rasa percaya diri Anda. Bagaimana menciptakan senyuman kembali jika itu sudah lama Anda pergi? Berbuat kreatiflah untuk diri sendiri. Cepat atau lambat, Anda akan menemukan senyuman Anda. Jika Anda memang sulit tersenyum lagi karena kelewat sedih, ikuti tips kepepet saya berikut ini.

Di antara berbagai hal yang membuat Anda sedih, biasanya ada banyak hal yang sifatnya konyol. Cobalah Anda ingat kembali, sesuatu yang menyedihkan dan sekaligus konyol, yang terjadi pada diri Anda di masa-masa yang lalu. Ingatlah betapa konyolnya hal itu. Anda mestinya bisa tersenyum. Kalo nggak bisa juga, ya sudahlah nonton Empat Mata atau Opera Van Java saja.

Bisa tersenyum untuk kegagalan, kesedihan, dan kekonyolan Anda di masa lalu, adalah salah satu resep terbaik untuk bertahan hidup dan mencapai kebahagiaan. Tersenyum itu pada dasarnya murah dan ia bisa menjadi sedekah. Itu sebabnya, saya senang melempar senyuman walau mungkin nggak terlalu kiyut. Jadi jika Anda mengira saya garang atau galak, sebenarnya nggak juga. Saya murah senyum koq.

Jika suatu saat Anda menemukan status FB saya berbunyi, "Uhuuyyy !!!", itu berarti saya sedang mencoba menciptakan senyuman. Paling tidak, untuk diri saya sendiri. Bagus kalo Anda bisa ikut-ikutan. BTW, gitu-gitu, status sependek itu adalah implementasi teknik NLP.

Image di atas adalah image favorit saya. Ukuran sebenarnya cukup besar. Sering saya jadikan wallpaper di komputer atau bahkan saya jadikan avatar di berbagai social networking site. Saya juga sering menampilkannya di seminar atau workshop saya. Saya sering sekali memandanginya.

Mengapa image di atas menjadi favorit Saya? Ada banyak hal yang bisa dipetik dari image itu.

Memandangi image di atas buat saya seperti memandangi sebuah akuarium. Bisa berlama-lama dan membuat rileks. Mungkin tidak seperti akuarium yang bisa dipandangi sampai setengah jam, tapi memandangi image ini selama beberapa menit bisa membuat saya memahami banyak hal. Anda juga mungkin bisa melihat dan merasakannya.

Bagi saya image di atas punya kesan:

Tulus
Apa adanya
Polos
No problemo

Tersenyumlah untuk orang lain, tersenyumlah untuk diri sendiri. Tapi jangan sering senyum-senyum sendiri.

Kejujuran adalah perhiasan jiwa yang lebih bercahaya daripada berlian

Belajar tanpa berpikir tidak ada gunanya, sedangkan berpikir tanpa belajar adalah berbahaya.

Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya cinta adalah cinta kepada sesama.

Keluhuran budi pekerti akan tampak pada ucapan dan tindakan.

Orang yang berjiwa besar teguh pendiriannya, tetapi tidak keras kepala.

Ulurkan cintamu karena Tuhanmu dan tariklah cintamu karena Tuhanmu, anda tentu tak akan kecewa.

Cinta indah seperti bertepuk dua tangan, tak akan indah jika hanya sebelah saja.

Naluri berbicara kita akan mencintai yang memuja kita, tetapi tidak selalu mencintai yang kita puja.

Melihatlah ke atas untuk urusan akhiratmu dan melihatlah ke bawah untuk urusan duniamu maka hidup akan tenteram.

Seseorang yang oprimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap malapetaka, sedangkan orang pesimis melihat malapetaka dalam setiap kesempatan.

Ingatlah, boleh jadi manusia itu mencintai sesuatu yang membahayakan dirinya atau membenci sesuatu yang bermanfaat baginya. Mohonlah petunjuk-Nya.
Sahabat yang sejati adalah orang yang dapat berkata benar kepada anda, bukan orang yang hanya membenarkan kata-kata anda.Bekerja atas dorongan cinta akan terasa senang tiada jemu dan lelah.

Orang besar menempuh jalan kearah tujuan melalui rintangan dan kesukaran yang hebat.

Berbuat baiklah kepada orang lain seperti berbuat baik kepada diri sendiri.

Orang besar bukan orang yang otaknya sempurna tetapi orang yang mengambil sebaik-baiknya dari otak yang tidak sempurna.

Memperbaiki diri adalah alat yang ampuh untuk memperbaiki orang lain.

Jika seseorang tidak mencintai anda janganlah dia anda benci, karena mungkin akan tumbuh benih cinta kembali.

Cinta akan menggilas setiap orang yang mengikuti geraknya, tetapi tanpa gilasan cinta, hidup tiada terasa indah.

Bukan kecerdasan anda, melainkan sikap andalah yang yang akan mengangkat anda dalam kehidupan.

Perjuangan seseorang akan banyak berarti jika mulai dari diri sendiri.

Jika rasa cinta terbalas, maka bersyukurlah karena Allah telah memberikan hidup lebih berharga dengan belas Kasih-Nya.

Dalam perkataan, tidak mengapa anda merendahkan diri, tetapi dalam aktivitas tunjukkan kemampuan Anda.

Tegas berbeda jauh dengan kejam. Tegas itu mantap dalam kebijaksana sedangkan kejam itu keras dalam kesewenang-wenangan.

Jika rasa cinta itu tak terbalas maka bersukurlah, karena anda akan dipilihkan Allah yang lebih baik.

Watak keras belum tentu bisa tegas, tetapi lemah lembut tak jarang bisa tegas.

Sifat orang yang berlilmu tinggi adalah merendahkan hati kepada manusia dan takut kepada Tuhan.

Contoh yang baik adalah ... terbaik

Kita lahir dengan dua mata di depan wajah kita, kerana kita tidak boleh selalu melihat ke belakang. Tapi pandanglah semua itu ke depan, pandanglah masa depan kita.

Kita dilahirkan dengan 2 buah telinga di kanan dan di kiri, supaya kita dapat mendengarkan semuanya dari dua buah sisi. Untuk berupaya mengumpulkan pujian dan kritikan dan memilih mana yang benar dan mana yang salah.

Kita lahir dengan otak di dalam tengkorak kepala kita. Sehingga tidak peduli semiskin mana pun kita, kita tetap kaya. Kerana tidak akan ada seorang pun yang dapat mencuri otak kita, fikiran kita dan idea kita. Dan apa yang anda fikirkan dalam otak anda jauh lebih berharga daripada emas dan perhiasan.

Kita lahir dengan 2 mata dan 2 telinga, tapi kita hanya diberi 1 buah mulut. Kerana mulut adalah senjata yang sangat tajam, mulut bisa menyakiti, bisa membunuh, bisa menggoda, dan banyak hal lainnya yang tidak menyenangkan. Sehingga ingatlah bicara sesedikit mungkin tapi lihat dan dengarlah sebanyak-banyaknya.

Kita lahir hanya dengan 1 hati jauh di dalam diri kita. Mengingatkan kita pada penghargaan dan pemberian cinta diharapkan berasal dari hati kita yang paling dalam. Belajar untuk mencintai dan menikmati betapa kita dicintai tapi jangan pernah mengharapkan orang lain untuk mencintai kita seperti kita mencintai dia.

Related Post

Previous
Next Post »